Manusia Makan Kura-Kura

Posted: Sabtu, 30 Oktober 2010 by Unknown in Label:


Kura-kura secara tradisional merupakan hewan yang akrab dengan manusia. Pada sisi yang lain, daging kura-kura dan penyu telah sejak lama dikenal sebagai makanan yang lezat. Beribu-ribu ekor labi-labi, kura-kura dan penyu, terutama penyu hijau, berakhir hidupnya setiap tahun di dapur restoran. Demikian pula nasib telur-telurnya, banyak yang akhirnya menjadi santapan manusia.
Di samping itu banyak jenis kura-kura yang ditangkapi untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan. Baik karena keindahan warnanya, keunikannya, atau  kelangkaannya. Beberapa jenisnya dapat mencapai harga yang sangat mahal.
Akhirnya populasi kura-kura menurun ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi kebanyakan habitat alaminya di sungai-sungai, rawa dan hutan juga telah rusak akibat tangan manusia. Di sisi  lain, perkembangan populasi kura-kura amat lambat dan kebanyakan malah belum diketahui sifat-sifat dan kebiasaannya. Oleh sebab itu tindakan konservasi bagi hewan ini amat diperlukan.
Dari semua bangsa kura-kura, hanya penyu yang telah dilindungi dengan cukup baik di Indonesia. Hampir semua jenisnya telah dilindungi oleh undang-undang. Banyak pantai peneluran penyu yang telah dimasukkan ke dalam kawasan yang dilindungi, seperti misalnya Pantai Sukamade di Jawa Timur dan Pantai Jamursba-Medi di Papua. Meski demikian, penangkapan penyu dan pengambilan telurnya masih juga berlangsung secara ilegal dan sulit dihentikan.

Daftar isi untuk di Baca

Followers


Saya Mengucapkan Terimaksih Banyak Atas Kunjungan Anda,Saya Harap Anda Tidak Segan-segan Untuk Kembali Lagi....By. Dodik A.Triwidodo